” Mendapatkan Hati Tuhan ” Keluaran 5:1-3

2 Mar

Sebelum saya memaparkan/menjelaskan maksud dari ayat dan thema diatas saya akan menjelaskan beberapa kalimat yg ada tertulis dalam Firman Tuhan ini:

Mesir adalah gambaran Dunia sekarang.

Firaun adalah gambaran Pribadi Setan.

Israel adalah Gambaran Gereja Tuhan.

Musa adalah gambaran Tuhan menuntun umatNya.

Saya sangat percaya semua kita pasti sangat rindu dan menginginkan untuk bisa mendapatkan hati Tuhan. Sehingga kita sangat berusaha untuk belajar setia kepadaNya, baik setia dalam membayar Persepuluhan, setia dalam Ibadah Mingggu, Ibadah PA dan Ibadah Doa dll. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bisa mendapatkan/memiliki hatiNya. Namun Setan juga tidak akan tinggal diam, dia akan berjuang keras untuk menjauhkan umatNya sejauh mungkin dari-Nya sampai segala macam tipu daya dan berbagai macam rayuan untuk menggoda dan menipu kita.

Ada beberapa jerat/ tipuan Setan yang akan ditawarkan kepada gereja Tuhan diakhir zaman ini:

1. Firaun berkata siapakah Tuhan itu yang akan kudengarkan FirmanNya…! Kel 5:2.  Artinya setan berusaha untuk menyuntikkan/menaruh keragu-raguan  kepada pikiran dan hati kita akan setiap Firman Tuhan, dengan kata lain Tuhan itu tidak pernah mendengarkan kita/memikirkan kita. Sehingga tidak sedikit gereja Tuhan ketika masuk kegedung gereja dan beribadah sangat suka cita dan diberkati saat Firman Tuhan disampaikan, namun setelah pulang dari ibadah mulai ragu dan bimbang akan setiap Firman Tuhan. Mengapa…? Karena Setan sudah mulai menyuntikkan racunnya/jeratnya kepikiran dan hati kita sehingga kita sudah mulai tidak yakin lagi kepada setiap perkataanNya.

2. Besok aja..! Kel 8:8-10. Firaun  sangat menderita akan Tulah yang Tuhan lakukan kepada bangsa Mesir. Sehingga Firaun memanggil Musa untuk berdoa baginya, namun jawab Firaun besok saja. Artinya Setan sangat antusias sekali untuk mempengaruhi kita supaya kita menunda-nunda pertobatan kita, menunda sesuatu yang baik mau kita lakukan untuk Tuhan. Sering sekali kita sudah berjanji kepada Tuhan/ kepada diri kita sendiri untuk mau setia datang kepadaNya, mau memberikan korban syukur kerumah Tuhan, memberikan persepuluhan namun sering gagal. Mengapa…? Karena kita kurang komitmen akan setiap perkataan kita kepadaNya. Bila kita sangat merindu untuk mendapatkan hatinya Tuhan, maka sekuat dan sebesar apa pun rintangan dan godaan yang menghalangi kita kepadaNya itu tidak akan membuat kita menjadi lemah dan goyah.

3. Ibadah saja tapi harus disini/jangan terlalu jauh..! Kel 8:25-28. Tuhan sudah berfirman kepada Musa supaya Musa  membawa bangsa Israel keluar dari Mesir supaya mereka bisa beribadah kepada Tuhannya dan mempersembahkan korban kepadaNya, dan Firaun memberikan ijin kepada Musa supaya mereka bisa beribadah tapi tetap harus diMesir, sementara kerinduan Tuhan, Musa harus membawa bangsa Israel keluar dari Mesir namun Firaun tidak mengijinkan keluar dari Mesir. Maksud nya Firaun /Setan boleh ibadah tapi jangan tinggalkan dosa, boleh ibadah tapi jangan terlalu dalam/rajin, baca firman tapi jangan percaya. Inilah satu jerat setan diakhir zaman yang dia tawarkan/pasang kepada gereja Tuhan, sehingga keadaan gereja Tuhan dari tahun ke tahun begitu-begitu saja kehidupan rohaninya. Kegereja-kegereja sambil bawa Alkitab, saya mau katakan itu bagus…amen! Tapi setan itu licik dan sangat ahli menipu manusia dia tidak takut melihat orang pergi kegereja/ibadah, dia juga tidak takut disaat kita baca Firman Tuhan, tapi dia takut mendekati kita  bila kita mau bertobat dan meninggalkan segala dosa-dosa kita dan kembali kepada Dia, Alkitab berkata : “Tunduklah kepada Allah dan lawanlah Iblis,  maka ia akan lari dari padamu” Yakobus 4:7. Kata tunduk = Bertobat berhenti berbuat dosa, taati setiap Firman Tuhan.

4. Silahkan kamu ibadah tapi jangan semua…! Kel 10:11.  Firaun memberi ijin kepada bangsa Israel untuk beribadah kepada Tuhan Allah mereka, tapi tidak semua hanya laki-laki saja. Ini juga salah satu strategi setan diakhir zaman ini yang masih dia lakukan sampai sekarang. Sering sekali  kita bila mau pergi ibadah tidak semua dari keluarga kita yang pergi ibadah pasti selalu saja ada yang tertinggal dirumah. Dengan alasan banyak cucian, belum masak, tidak ada yang jaga rumah dll. Kalau kita menyadari akan semua strategi setan maka kita akan pergi ibadah dengan kerinduan untuk berjumpa dengan Dia lewat FirmanNya apa pun resiko dan tantangannya, kita pasti akan lalui semuanya bersama dengan Tuhan. Mari kita belajar dari kesetiaan dan kekomitmenan dari Josua.  Sekalipun bangsa Israel tidak ada yang mau beribadah kepada Tuhan, namun Josua berani berkata: ” Tetapi aku dan seisi rumahku kami akan beribadah kepada Tuhan, Josua 24:15.

5. Pergilah semua beribadah kepada Tuhan, hanya lembu sapi dan kambing dombamu harus ditinggalkan…! Kel 10:24.  Kita tahu bahwa bangsa Israel tidak bisa datang/berjumpa dengan Tuhan bila tidak membawa korban berupa binatang. Itu adalah sesuatu kekejian bagi Tuhan bila mereka datang kepada Tuhan tidak membawa sesuatu. Dalam arti Setan katakan, boleh ibadah tapi jangan keluarkan sesuatu dari hatimu. Kita memang tidak membawa binatang lagi bila mau datang berjumpa dengan Tuhan dalam ibadah, karena Tuhan Yesus sudah menjadi korban sebagai anak domba diatas kayu salib. Namun yang Tuhan mau bila kita datang kepadaNya kita harus membawa hati kita kepadaNya.  Nabi Yesaya berkata : ” Bangsa ini memuliakan Aku  dengan bibirnya, padahal  hatinya  jauh dari padaku” Yesaya 29:13.

Tuhan tidak menginginkan uang dan harta kita, tapi yang Tuhan mau dari kita adalah hati yang mau mengasihiNya ini yang Tuhan mau dari kita. Itu sebabnya bila kita mau mendapatkan hatinya Tuhan, maka belajar mulai hari ini, bila setiap datang beribadah kepadaNya bawalah hati dan hidupmu sepenuhnya kepadaNya maka Tuhan sumber berkat dan muzijat akan memberkati seluruh kehidupan kita. Alkita berkata :” Jagalalah hatimu dari segala kewaspadaan karena dari situlah terpancar kehidupan “.

Tuhan Memberkati….!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: