” BERANI BERKATA TIDAK ” Matius 5:37

10 Sep

223060_214700358581937_100001259231406_661808_485528_n

Hidup kekristenan adalah kehidupan yang seturut dengan kehendak Kristus, dimana Kristus telah menunjukkan teladannya kepd kita untuk kita lakukan dan telah mencurahkan kasihNya kepada kita lewat kematianNya, inilah bukti yg sdh Tuhan tunjukkan kepada seluruh umat manusia yg ada didunia ini. Itu sebabnya tidak ada alasan bagiNya utk tidak mengorbankan diriNya krn Dia sangat Mengasihi kita. Ketika Dia ditugaskan oleh Bapa diSorga  utk datang ke dlm dunia ini tdk ada alasan bagiNya utk berkata “TIDAK” dlm melakukan kehendak BapaNya.

Disaat kita mulai mengakui bahwa kita adalah pengikut Kristus dan percaya kepadaNya satu-satunya Tuhan yg kita cintai, maka saat itu jg kita harus berkomitmen untuk berani berkata TIDAK terhadap namanya DOSA. Karena DOSA adalah sesuatu yg sangat dibencii oleh Tuhan dan membuat Tuhan menjauh dari kehidupan kita dan tdk mendengar segala doa-doa kita, Yesaya 59:1-2.

1. orang yg berani berkata TIDAK adalah Bagian cinta kita kepada Kristus. 2 kor 6:14-18

dikatakan“…janganlah kamu merupakan pasangan yg tidak seimbang dengan orang-orang yg tidak percaya….pisahkanlah dirimu dari mereka dan janganlah menjamah apa yg najis maka Aku akan menerima kamu.”  Orang yang mengerti kehendak Tuhan dalam hidupnya adalah orang yang berani berkata Tidak terhadap Dosa, apa pun resikonya sekalipun harus menderita terhadap daging. Kalau kita mengatakan aku MengasihiMu… Tuhan, berarti kita hrs berani berkata Tidak terhadap Dosa demi Kristus.

2. Berani berkata tidak bagian hidup dalam Roh. Roma 8:5

dikatakan ” Sebab mereka yg hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yg dari daging; mereka yg hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yg dari Roh “. Apa yg kita lihat dan yg kita pikirkan menentukan keputusan apa yg kita ambil.  Bila kita memikirkan segala perkara yg diatas maka kita akan berjuang dan berusaha untuk berani berkata Tidak terhadap yg bersifat menggangu kerohanian dan iman kita kepada Kristus.

3. Bagian kita untuk mencapai Keberhasilan/Tujuan. 2Tawk 19:11.

dikatakan ” …imam kepala Amarya diangkat sebagai ketuamu dlm segala perkara ketuhanan dan Zebaja bin Ismael…segala perkara kerajaan sedang orang Lewi akan melayani kamu sebagai pengatur. Bertindaklah dengan tegas!…” Orang-orang yg berhasil dan yang layak untuk diangkat dan dipercayakan oleh Tuhan adalah orang-orang yang berani berkata Tidak dan yg bertindak tegas terhadap segala Dosa.  Raja Saul kejayaannya hancur dan jabatannya sebagai raja Israel diambil oleh Tuhan dan diberikan kepada Daud, krn Saul tidak berani berkata Tidak terhadap dosa dia sengaja melanggar perintah Tuhan 1Samuel 13:5-14. Daud adalah orang nya Tegas dan berani berkata Tidak terhadap Dosa sehigga ketika Goliat menghina Allahnya Israel dia sangat marah sehigga dia maju untuk berperang seorang diri untuk melawan Goliat dan Tuhan mengaruniakan kemenangan kepada daud. Mengapa..? Karena Daud orangnya Tegas terhadap namanya Dosa.

4. Bagian cara kita untuk melawan setan. 1 petrus 5:8-9.

dikatakan ” Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu si Iblis…lawanlah dia dengan iman yang teguh….”  Melawan setan bukan karena besar nya suara yg kita keluarkan dari mulut kita disaat melawan nya dan bukan karena kuatnya tenaga kita. Tapi disaat kita Tunduk kepada Allah dengan kata lain berani berkata Tidak terhadap Dosa maka dengan sendirinya Setan akan pergi dari hadapan kita. Ingat cerita ketika Yesus mengusir roh jahat diGerasa dikatakan : Ketika ia melihat Yesus , ia berteriak lalu tersungkur dihadapanNya dan berkata dgn suara keras: ” Apa urusanMu dgn aku, hai Yesus Anak Allah Yang Mahatinggi? Aku memohon kepada Mu, supaya Engkau jangan menyiksa aku Mat 8:28. Yesus belum mengeluarkan hardikan sepata katapun dari mulutNya terhdp roh jahat itu, tapi roh jahat itu sdh ketakutan dan tunduk hanya krn melihat Yesus saja.

5. Bagian cara kita Menuju Sorga. Matius 5:29-30.

Dikatakan ” …jika matamu yg kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dgn utuh dicampakkan kedalam NERAKA. Dan jika tanganmu yg kanan menyesatkan engkau , penggellah dan buanglah itu, krn lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu dgn utuh masuk NERAKA “. Sudah sangat jelas bahwa kita hrs betul-betul berani untuk berkata tidak terhadap dosa apapun.

Raja Daud mengatakan dalan Mazmur 15:1-5 ” Tuhan siapa yang boleh menumpang dalam kemah-Mu? Siapa yg boleh diam digunungMu yang Kudus? Yaitu dia yg berlaku tdk bercela, yg melakukan apa yg adil dan yg MENGATAKAN dgn segenap hatinya, yg tdk MENYEBARKAN fitnah dengan lidahnya, yg tidak berbuat jahat terhdp temannya, yg tdk menimpakan cela kpd tetangganya, yg tdk meminjamkan uangnya dgn makan riba….”. Sorga dipersiapkan dan diberikan Tuhan kepada orang-orang yg mau melakukan kehendak Tuhan dan yang berani berkata tidak terhadap dosa. Tuhan pasti akan membantu dan memberikan kekuatan kepada kita bila kita memulai berkomitmen untuk berani berkata tidak. Biarlah renungan ini membantu kita semua untuk semakin mengerti apa yang menjadi kehendak Bapa kepada kita. Tuhan Yesus Memberkati……..!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: